Senin, 11 Desember 2017

Bystander Effect ?

So...sebelumnya ada hal yang mau gua bagikan sama kalian sebelum lanjut ke "Rencana Tuhan dalam hidup gua baru2 ini pt.2"

Baru-baru ini gua lagi kena musibah, motor gua di bobol sama orang gak bertanggung jawab. Untungnya orang tersebut gagal dan gak jadi maling motor gua. Di hari sebelumnya gua memang membuat kesalahan dengan membiarkan stang motor gua gak kekunci, dan saat itu memang sedang marak berita tentang pencurian motor di komplek kantor gua. Tapi untungnya motor gua diselamatkan oleh satpam regional setempat dengan nyimpen motor gua di tempat yang aman, meskipun gua rada kesel juga sih karena satpam itu gak lapor ke kantor gua dulu kalo motor gua gak ke kunci. Tapi setelah kejadian ini, gua justru bersyukur kalo si satpam ini langsung naro motor gua di tempat yang aman. Kondisi motor gua setelah di bobol cukup parah di bagian lubang kunci. Motor gua umurnya baru 5 bulan, dan lubang kuncinya ancur gara-gara di buka paksa. Gw mengira awalnya ini kerjaan satpam iseng karena gua lupa ngunci stang motor gua lagi, tapi setelah gua inget-inget gua bener-bener udah mastiin stang gua kekunci dengan benar. Untungnya juga di deket kantor ada bengkel gede, dan gua bawa motor gua kesitu. Pas montirnya liat, dia bisa pastikan kalo ini memang di bobol dengan paksa, dan dia menyarankan untuk bawa ke bengkel resmi motor gua untuk di ganti kunci beserta rumahnya. Setelah dari bengkel di seberang kantor, gua liat ada banyak orang ngumpul di depan kantor yang rata-rata terdiri dari supir dan OB, disini bagian yang menurut gua cukup menarik.

Sebelumnya pas gua sampe kantor dan mau parkir motor, gua di tegor sama seorang karyawan di kantor sebelah gua, "Mas, jangan parkir disitu, nanti kalo ada mobil kantor saya mau masuk gimana? Pindah sono ke belakang", dalam hati gua "What the...???" dari awal gua masuk kantor sampe detik itu gua gak ada masalah markir di tempat itu, dan setiap hari gua memang parkir disitu. Memang daerah kantor gua ini termasuk daerah yang minim tempat parkir, dan tiap kantor cukup ketat sama daerah parkirnya masing-masing, dan tempat gua parkir itu memang bukan daerah parkir kantor gua, but the question is, Kenapa baru sekarang gua di kasih peringatan? Padahal itu orang setiap hari liat gua markir di tempat yang sama. Akhirnya gua terpaksa markir di belakang mobil kantor, which is persis di pinggir jalan, dan kejadian curanmor sebelumnya terjadi karena itu orang markir motornya di pinggir jalan. Entah kenapa, gua punya feeling yang kuat kalo ini motor bener-bener dalam bahaya. Dan bener aja, sekitar jam 9 pagi gua di panggil sama front officer gua kalo stang motor gua gak ke  kunci dan bakal di bawa sama satpam. Pas gua mau masukin kunci, kondisi lubang kuncinya udah kebuka. 

Setelah gua balik dari bengkel, banyak karyawan yang penasaran bahkan sampe foto kondisi lubang kunci gua yang rusak, dan apa yang dilontarkan mereka ke gua? "Tadi lupa kunci stang ya mas? Ni pasti karena lupa kunci stang nih" "Kapan kebobolannya mas? Makanya lain kali jangan lupa" "Eh hati-hati loh, kemarin tuh yang kemalingan motor, malingnya bawa senjata api" "Iya tau, mending lain kali jangan parkir disini, lagian kenapa parkir disini? Di samping situ (tempat parkir di kantor sebelah yang ngelarang gua buat parkir ditempatnya) kan lebih aman" "Waah, ini sih udah gak bisa di betulin lagi, mesti di ganti" dan sebagainya. Mereka justru menjudge gua dan ngeledek gua tanpa tau kebenarannya, Yaaa...gua juga paham sih kalo kia gak bisa mengharapkan semua peduli sama kita, tapi apakah kita harus nunggu ada kecelakaan atau kematian dulu baru kita peduli sama orang sekitar kita? Dan yang lebih kerennya lagi setelah kejadian itu, penjaga kantor sebelah masih gak ngasih gua parkir di tempatnya yang which is lebih aman dan gak keliatan sama orang luar. Akhirnya gua taro motor gua di jalur pejalan kaki depan kantor persis supaya lebih gampang di pantau, sambil nunggu jam 12 supaya bisa gua bawa ke bengkel.


Dude...Where is your humanity when others need your help? Apakah lu perlu tunggu mereka sekarat atau mati dulu baru lu urusin? Baru lu tunjukin empati lu? Segitu sulitnya kah lu untuk bantu orang lain? Bahkan saat gua dikerubunin orang-orang, gak ada satu pun dari mereka yang mencoba ngasih saran atau bantu gua untuk cari jalan keluar (Yup, ini pertama kalinya gua kebobolan) sampe akhirnya front officer gua yang bantu gua untuk bawa ke bengkel resmi terdekat. Front officer gua termasuk orang yang tekun dan bener-bener tulus kalo ngebantu orang lain. Bystander effect? Itu adalah fenomena sosial paling terkenal dan paling banyak ditemukan di Indonesia, jadi adanya kecenderungan orang yang hanya melihat ketika sedang terjadi sebuah kejadian atau kasus karena mereka berfikir akan ada orang lain yang membantu. Banyak orang kalo ada kecelakaan di jalan, ada kebakaran rumah atau toko, atau paling simple kayak belanjaan orang yang begitu banyak jatoh di lantai yang cuma ngeliatin atau gak mau terlibat. Kenapa lu harus takut membantu kalo lu gak salah? Please...mulai peduli sama lingkungan sekitar lu. Bayangin kalo seandainya hal itu terjadi sama lu dan gak ada yang peduli sama sekali, apa yang lu rasain?


Besar kecilnya bantuan kita bukan batasan atau kualifikasi seseorang untuk membantu orang disekitarnya, lakukan yang terbaik yang lu bisa, karena banyak yang butuh bantuan kita di luar sana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar