Rabu, 20 Desember 2017

Mama

Mama, ooh...
Didn't mean to make you cry,
If I'm not back again this time tomorrow,
Carry on, carry on as if nothing really matters.


Queen - Bohemian Rhapsody

Kira-kira itu yang gua denger di radio pas lagi perjalanan ke Kantor. But, hey...it's almost mother's day! Yaap gua sendiri suka bingung sama orang-orang pas hari ibu. Mereka tiba-tiba upload foto bareng ibu mereka dan nulis caption "I love you mom", "She is my hero" dan lainnya, cuma gua yang jarang banget upload foto berdua bareng nyokap pas hari ibu. By the way hubungannya sama lagu Queen tadi apaan mel? Gak ada sih, cuma gua sempet keinget sama nyokap aja pas denger penggalan lagu itu. Bahkan kalo gua liat liriknya, gua masih gak paham tentang apaan, cuma yang gua paham ini sedih.

Pas mikir hari ibu, gua sempet kepikiran tentang apa aja yang udah gua perbuat untuk orangtua gua, khususnya nyokap. Buat gua sampe sekarang kalo ada ibu-ibu yang bilang ke anaknya "kamu tuh udah mama kandung 9 bulan di perut mama, sampe gak bisa tidur, pas ngelahirin sakitnya minta ampun, untung masih hidup, kalo gak? Masih aja kelakuannya bandel begini!", yang gua pikirin adalah "kenapa mau bu punya anak kalo gak bisa terima anaknya bandel?", dan gua berkesimpulan ada beberapa hal yang bisa terjadi sama anak kalo anaknya bandel, antara orangtuanya gak bisa didik anaknya dengan benar, pergaulan anaknya yang buruk, atau bisa jadi salah didik atau cara didik orangtua gak sejalan dengan karakter si anak, dan ini opini gua sih. Tapi semuanya mulai terasa beda pas lu udah mulai masuk ke jenjang yang lebih dewasa. Gua mulai mikir keadaan orangtua gua secara sadar, dan salah satunya yang cukup kepikiran sama gua itu karena sekarang pendapatan terbesar gua cuma dari nyokap. Bokap gua kerja berdasarkan kebutuhan kliennya, kalo ada klien ya kerja, kalo gak ya gak ada. Jadi bisa dibilang nyokap gua sangat strong dalam hal ini.

Salah satu hal yang kepikiran sama gua untuk bantu perekonomian keluarga yang pasti gua harus kerja, di umur gua yang sekarang kalo belum kerja juga, bisa di gosipin tetangga. Perekonomian gua melemah dan mulai terasa pas gua mulai denger keluhan-keluhan dari nyokap gua tentang keadaan di rumah, dan gua mulai berfikir kalau ini udah saatnya gua untuk bantu perekonomian keluarga, karena gua nantinya adalah calon kepala keluarga. Tapi selanjutnya gua mulai berfikir, udah cukup kah yang gua lakukan untuk bantu nyokap gua dalam hal ini? Kalo di pikir-pikir dan di bandingkan sama nyokap, apa yang gua peroleh dari kerja gua masih gak sebanding sama nyokap yang udah kerja selama 20 tahun jadi guru. And no joke...terkadang kalo uang gua abis gara-gara bayar utilities dan cicilan terkadang gua masih suka minta sama nyokap gua meski cuma sekedar untuk beli bensin atau makanan, dn disitu gua masih ngerasa kalo gua sebenrnya masih gak mampu menyenangkan hati nyokap gua, rasanya cupu banget kalo gua anak laki-laki dan sulung dari keluarga gua masih belum bisa ngebahagiain orangtua gua sendiri. Tapi kalo di tanya ke nyokap, doi seneng banget pas gua akhirnya bisa punya penghasilan sendiri, dan rasanya itu anugerah terbesar dalam hidupnya. Awalna gua kira becanda aja karena otomatis gua mulai ikut menanggung biaya kehidupan di rumah, dan ternyata enggak, bahkan itu di bawa ke doa nyokap gua sebelum tidur.

Disini gua menyadari satu hal, banyak hal yang kita lakukan dan menurut kita sepele tapi sebenarnya itu punya dampak yang cukup besar buat orang-orang di sekitar kita, salah satunya nyokap. Bisa juga diliat dari contoh awal soal keluhan nyokap kita karena kita bandel banget pas kecil. Mungkin hanya sebatas mainan yang jatuh dan rusak, atau lebih simpelnya lagi numpahin air dari gelas, mereka cuma takut kita kepeleset atau takut berkembang jadi anak yang gak bertanggung jawab. Mungkin hanya sebatas keterima masuk di sekolah yang sebenarnya bukan sekolah favorit, atau kayak gua yang keterima kerja tapi sebenernya menurut gua gak cukup membantu, tapi beliau sampe terharu karena gua udah bisa mulai membantu nyokap soal tanggung jawab di rumah, sebuah kesederhanaan yang berdampak.

Tulisan ini random banget sih, cuma yaa pengen aja ngungkapin yang gua pikirin hahaha! Intinya apapun yang terjadi sama nyokap, You're already the best! 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar