Kamis, 07 Desember 2017

No one knows what HE wanted! (pt.1)

Kalo diperatiin dari tulisan yang sebelumnya, ada beberapa hal yang berubah dalam hidup gua. Cara penulisan, tata bahasa, dan gua juga sadar pas liat tulisan gua yang sebelumnya, gua terlampau 4L@Y dan garing hahaha! And there's a reason kenapa gua gak mau hapus tulisan-tulisan gua yang menurut gua teramat alay, supaya gua bisa terus ngaca sama kehidupan gua yang dulu dan memperbaiki kesalahan dan keteledoran gua di dalam kehidupan gua. But hey! It's in me...My Life!

Yup, dunia perkuliahan dan kerja membentuk diri gua yang sekarang. Banyak pihak yang udah berperan besar dalam hidup gua, salah satunya adalah keluarga dan yang paling penting Tuhan itu sendiri. Sounds cliches? Gua juga ngerasa begitu awalnya, tapi banyak kehidupan orang di dunia yang percaya Tuhan dan hidupnya bener-bener diselamatkan oleh Tuhan, gak mau bersyukur cuma karena menganggap itu hal yang klise / anak sekarang bilangnya "Sok suci".

Well...Let me sing a song of my life...

Setelah gua berhasil melewati beban terberat dalam hidup gua saat kuliah yang gua sebut dulunya "Skripsh*t" (tapi karena bisa dan lulus akhirnya jadi Skripsweet), hal pertama yang gua pikirkan adalah saatnya untuk nyari uang jajan sendiri. Why? simple...dari TK ampe gua kuliah gua jarang banget di kasih uang jajan, malah gak pernah. Dan gua selalu dibawain bekel sama ART atau nyokap gua setiap harinya (skrg udah gk ada Asisten Rumah Tangga lagi). Sebenarnya gua udah ada penghasilan semenjak di semester 4 kuliah. Gua join sama sebuah perusahaan asuransi dan mulai nyari duit disana. Banyak kelebihan yang bisa gua dapet disini, selain penghasilan yang cukup menjanjikan, ada banyak kontes yang di tawarkan sama perusahaan tersebut mulai dari sejumlah uang yang nilainya jutaan rupiah, sampe jalan-jalan keluar negri gratis termasuk akomodasi dan uang saku semua di bayarin. Saking semangatnya, gua sempet menang kontes itu bahkan dapet hadiah keluar negri ! Tapi apa daya jadwalnya bentrok sama UAS di kampus, alhasil hadiah gua hangus (Well...Deyymmm). Tapi intinya, dari penghasilan ini gua bisa bantu orangtua (meski gak banyak) untuk biayain kuliah dan biaya ngekos pas semester 5-6 (soalnya pas itu gua magang di Jakarta, dan rumah gua di bogor), which is duit gua gak ada yang bisa gua nikamtin sendiri karena udah habis buat keperluan sehari-hari. Gua pengen banget ngerasain yang temen-temen gua rasain, bisa nongkrong di tempat happening, ngobrol di kafe berkelas, atau jalan-jalan keliling indonesia.

Akhirnya gua bertekad untuk nyari pekerjaan...setelah...gua hibernasi dulu dari dunia perkuliahan (capek soob dapet tekanan dan pengalaman gak menyenangkan selama 1 tahun terakhir) dan juga sebagai agen asuransi. Gua berfikir, kalo gua udah lulus berarti penghasilan gua bisa gua pake buat gua hibernasi, dan akhirnya apa yang gua impikan bisa gua laksanakan! But NO...inilah nasib gua sebagai anak pertama cowok, gua harus bantu orangtua dalam segala hal. Bokap gua lagi kena musibah, doi gak ada pekerjaan semenjak 2 tahun lalu, dan akhirnya memutuskan bareng sama gua untuk jadi agen asuransi. Pekerjaan ini cukup menggiurkan dari segi pendapatan, tapi nasib lu gak ditentukan dari seberapa giat dan rajinnya lu dateng pagi ke kantor karena kita gak ada kantor / kubikal buat kerja, kerjaan kita di lapangan nyari klien. Kalo klien lo memutuskan untuk berhenti investasi atau udah gak sanggup bayar, otomatis pendapatan lw juga berkurang. jadi di tengah ketidakpastian ini, gua wajib kudu ngirit buat kebutuhan keluarga. dan ternyata banyak expenses di rumah gua yang harus di tanggung. Mulai dari cicilan mobil & motor bulanan, bayar utilities (listrik, gas, dll), dan gua juga lupa kalo adek gua tinggal 1 semester lagi bakal lulus SMA dan butuh tempat kuliah, untungnya gua dan adek perempuan gua ini bedanya 5 tahunan, jadi untuk beban sekolah masih bisa ganti-gantian. Akhirnya gua mengurungkan niat gua untuk nyobain hidup ala anak borju masa kini demi keluarga gua.

Gak cuma gua, ternyata pergumulan nyari kerja ini juga dirasain sama temen skripsi gua si Andi dan Tono, kondisi mereka kurang lebih mirip sama gua. Si Andi itu anak tunggal, dan hidupnya cuma berdua sama ibunya yang udah tergolong tua, ayahnya meninggal dari umurnya yang masih 3 tahun, sedangkan si Tono juga punya permasalahan dengan finansial yan akhirnya bikin dia juga harus kerja keras dari jaman kuliah dulu dengan ngasih les privat. Intinya kami bertiga pengen punya penghasilan yang gede supaya gak hidup susah lagi (kayaknya sih gitu hahaha). Sejak lulus sidang skripsi di September 2016, gua memutuskan untuk hibernasi sampe natal dan tahun baru, setelah itu baru mulai nyari kerja. Sampe akhirnya gua dapet kabar yang bikin gua mulai gelisah, si Andi udah dapet kerja di bulan november, dan gak tanggung-tanggung langsung si perusahaan ternama dengan jenjang karir yang bagus. Gimana gak? lewat dari 3 bulan masa percobaan, Andi udah bisa naik ke posisi supervisor dan gajinya cukup gede untuk ukuran fresh graduate. Padahal sebelumnya kami bertiga janji mau hibernasi dulu dan gak ngapa-ngapain. Tapi biar si Andi dapet kerjaan, gak membuat gua semakin pengen nyari kerja, karena gua bener-bener capek secara fisik dan mental. Setelah masuk Januari 2017, gantian si Tono yang dapet kerjaan. And guees what ? Tono dapet kerjaan dengan posisi yang sama di tempat yang sama bareng Andi, I feel betrayed. "Kacau lu di, kenapa cuma Tono yang dapet, kok gak nawarin gua?" kata gua,"Sorry mel, kantor gua butuh cepet (kantornya di cengkareng) sedangkan kalo dari segi jarak, si Tono lebih deket dari tangerang kesini, kalo lu kan di bogor. Lagian lu juga baru balik dari Semarang kan? Gimana ceritanya lu kesini cepet-cepet dari liburan lu?". Well...alesan Andi make sense buat gua, Tangerang ke cengkareng gak sejauh dari Bogor kesana.

Akhirnya gua bener-bener bertekad untuk nyari kerja saat itu juga. Gua buka semua portal loker online dan gua mulai nyari yang sesuai sama passion gua, jadi Trainer. Gua mulai dengan nanya tempat gua magang dulu, karena dulu tempat gua magang di divisi training dan mereka kabarnya butuh tenaga trainer...tapi yang berpengalaman minimal 3 tahun, seketika itu juga impian gua kandas pengen jadi trainer di tempat gua magang. Dari awalnya gua searching cuma untuk job Trainer, akhirnya gua nyerah dan mulai memperluas keyword untuk searching kerjaan jadi Training, Recruitment, dan General Affair, yaa setidaknya tiga kerjaan itu masih nyambung sama psikologi. Gua searching dan apply terus menerus sampe bulan maret, tapi gak ada satupun yang manggil. sampe akhirnya ada temen gua yang nawarin posisi Trainer di perusahaan tempat dia kerja, dan perusahaan ini adalah salah satu perusahaan properti terkenal di Indonesia. Gua makin semangat buat dateng psikotes dan wawancara. Setelah beberapa minggu setelah wawancara gua dapet kabar yang cukup mengejutkan....buat perusahaannya. User yang harusnya wawancara gua ternyata mengundurkan diri, jadi gua mesti nunggu sampe ada pengganti yang baru sebelum lanjut wawancara lagi. Gak cuma sampe disitu, ternyata lowongan gua di oper (macam main bola aja) dari training ke recruitment, dan seminggu setelahnya gua di kabarin lagi kalo posisi recruitment gak jadi kosong, dan gua di tawarin jadi administrator HRD. Gua emang ngerasa kesel, tapi di satu sisi gua butuh kerjaan, dan akhirnya gua mikir...kalo gua kerja di bagian itu setahun aja, mungkin gua bisa minta pindah ke divisi lain, akhirnya gua meng'iya'kan tawaran tersebut. Akhirnya User yang dinantikan sudah datang, dan gua akhirnya di wawancara sama User baru ini. Selama kira-kira 30 menit gua di wawancara, si User ini menyimpulkan "sayang kalo kamu sebagai sarjana psikologi cuma jadi admin, mending kamu cari pekerjaan lain yang cocok sama ilmu kamu" dan akhirnya gua di tolak, udah nunggu lebih sari sebulan dan gua di buang begitu aja.

Gua udah buang tenaga dan bensin for nothing, tapi orangtua gua bilang "namanya cari kerja emang gitu, karena kita yang butuh makanya jangan protes, jangan nyerah dan tetep usaha cari lagi". Bulan April gua memutuskan untuk rehat sejenak, tapi akhirnya kebablasan sampe pertengahan bulan Mei. Ada beberapa urusan yang bikin akhirnya tiap 2 minggu sekali gua berangkat ke semarang bawa mobil dan menetap di sana antara 4 - 8 hari. Setelah itu gua mulai cari kerjaan lagi, tapi entah kenapa banyak perusahaan yan gua aplly melaui jalur online, tapi gak satupun yang manggil gua, beda sama kerjaan yang gua dapet langsung dari temen atau keluarga gua. Semenjak itu gua gak percaya lagi sama yang namanya loker online (meski akhirnya gua tetep apply sih, kali aja beneran dapet hehe). Agustus 2017, dan gak ada tanda-tanda gua bakal ngelakuin psikotes dan wawancara lagi. Semua temen-temen gua yang lulus bareng udah dapet kerjaan dan mulai kerja sekitar Januari - Juni 2017. Gua mulai mempertanyakan Tuhan gua. Sebenarnya apa rencanya Dia sampe gua bener-bener gak bisa dapet kerjaan sampe sekarang, kalo sampe september gua gak dapet kerjaan juga berarti udah setahun gua nganggur dan gak ada kerjaan.

Trus kerjaan lu di asuransi gimana mel? Oh iya...by the way, bulan agustus awal itu gua dapet musibah, 17 orang dari 21 nasabah yang gua pegang semuanya walk out alias keluar. Alasannya macem-macem, ada yang gak mampu bayar, ada yang telat bayar, ada yang pindah agensi, dll. income gua yang tadinya gede sekarang tinggal 20%nya aja. Gw shock dan ngedown banget, ini pertama kalinya gua ngerasain yang namanya kehilangan uang banyak (menurut gua), dan untuk pertama kalinya gua nyerah sama usaha yang udah gua jalanin selama hampir 3 tahun ini, itu alasannya kenapa gua akhirnya nyari pekerjaan yang komersil dengan gaji tetap. Tapi kalo liat nasib gua yang begini gua sendiri juga mau nyerah sama nyari kerja.


Goes to part 2....


Best Regards



Rommel M.S (....T_T....)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar